Image
Oleh Administrator | Pada Sabtu, 29 April 2017 54 Kali Dilihat

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2017 : Kita Indonesia, Kita Pancasila

Ratusan pegawai Kementerian Agama RI melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 di halaman kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta, Jum`at (02/06) pagi. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam.

Pada kesempatan ini, Inspektur Upacara membacakan naskah sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila. Dalam awal sambutannya, Nur Syam menyampaikan bahwa upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal l Juni 1945 yang dipidatokan lr. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita," ujar Nur Syam.

"Harus diingat bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk lndonesia. ltulah kebhinneka tunggal ika-an kita," lanjut guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Untuk itu, Sekjen berpesan kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama untuk senantiasa, "jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan lndonesia". Di akhir sambutannya, Nur Syam menyerukan slogan peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017, "Kita lndonesia, Kita Pancasila. Semua Anda lndonesia, semua Anda Pancasila. Saya lndonesia, saya Pancasila," pungkas Nur Syam.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2017 merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa Indonesia. Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. (dod/dod)

Post
Administrator 548 Kali Dilihat

Pengumuman Hasil PPDB Online Tahap I SMA Negeri 1 Rao Tahun 2019

Selasa, 09 Juli 2019 Dilihat 548 Kali

Untuk melihat hasil seleksi PPDB Online Tahap I SMAN Negeri 1 Rao dapat diunduh pada link berikut ini. ....

Post
Administrator 167 Kali Dilihat

Hasil PPDB OFF-LINE TP 2019/2020

Senin, 01 Juli 2019 Dilihat 167 Kali

Hasil Seleksi peserta didik baru jalur OFF-LINE TP 2019/2020   klik disini untuk melihat hasil klik disin....

Post
Administrator 249 Kali Dilihat

Informasi PPDB 2019

Senin, 01 Juli 2019 Dilihat 249 Kali

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdikprov Sumbar) telah resmi mengumumkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 201....

Post
Administrator 53 Kali Dilihat

Sekolah Belum Sinkronisasi Dapodik Menjelang Cut Off BOS Triwulan ke 2 Tanggal 30 April 2018

Selasa, 05 Juni 2018 Dilihat 53 Kali

Yang terhormat,  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota Kepala Sekolah SD, SMP, SLB, SMA....

Post
Administrator 38 Kali Dilihat

Dengan UNBK Semua Menjadi Efesien

Rabu, 11 April 2018 Dilihat 38 Kali

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK) memiliki keunggulan dib....